Selasa, 05 September 2017

Sebab pasukan sekutu dikepung NAZI di Dunkirk

                                                                   battle of dunkrik

       pada perang dunia ke 2 nazi jerman memulai invasinya di eropa dan tujuan utama sang fuhrer saat itu adalah prancis, hitler yg begitu membenci prancis yg membuat warga jerman menderita karna harus mengganti rugi hasil kerusakan perang dunia ke 1 melalui perjanjian versiles ingin membalaskan dendamnya

       kekaisaran jerman yg kalah perang pada perang dunia ke 1 diharuskan mengganti rugi kota2 yg rusak karna perang, belum lagi militernya di lucuti dan di batasi, puncaknya beberapa wilayah jerman pun diambil dan dibagi2 ke sekutu, namun pada akhirnya hitler berhasil merebut kembali meski dengan invasi dan serangan,


     setelah berhasil menyatukan kembali jerman dan orang2 yg berbahasa jerman hitler mulai invasinya ke prancis, setelah polandia dikalahkan jerman dan soviet. hitler tau tidak mudah menyerang prancis yg 10 tahun terakhir prancis telah membangun benteng konkritnya Maginot Line sepanjang perbatasan prancis-jerman dan berakhir sampai belgia. benteng yg dilapisi beton dan baja ini tersambung melalui terowongan rel keretanya dan ditempatkan meriam2 super besar yg banyak diatasnya membuat benteng ini sulit untuk di tembus.


       hitler pun menggunakan taktik yg briliant dia menggunakan taktik yg hampir sama dengan perang dunia ke 1 yaitu menyerang perancis melalui belgia, tapi itu cuma perangkap untuk menarik pasukan sekutu, pasukan ingris perancis masuk lebih dalam ke belgia untuk menahan jerman agar tidak masuk ke prancis. umpan pun diambil, melihat strateginya berjalan mulus hitler begitu senang, dia bilang aku bisa mati lemah karna senang.

        selanjutnya disisi lain hitler secara diam2 mengirim pasukan utamanya melewati hutan ardens yg dikelilingi barisan pepohonan yg padat, sekutu melihat bahwa mustahil ada kendaraan dan tank yg bisa melewatinya, tapi ternyata mereka salah, hanya dalam 3 hari wehrmacht mampu melewatinya dan mulai mengepung pasukan sekutu di belgia dengan taktik jepitan raksasa. pasukan jerman yg melakukan jepitan pun sampai di selat inggris, taktik ini sempurna terlaksanakan.

        perancis yg mengetahui rencana tersebut dan mencoba menyerang lagi melewati pasukan jerman yg mengepung pasukan sekutu. dalam hal persenjataan dan alat perang prancis lebih baik dari jerman, tank2 prancis lebih kuat dan banyak dari tank jerman, tapi sayang mereka tidak didukung oleh angkatan udara, sehingga tank2 prancis jadi sasaran empuk pesawat jerman khususnya stuka. pasukan prancis yg diburu pesawat stuka dipaksa mundur dan oprasi yg dipimpin oleh jendral briliant prancis saat itu charles de gaulle pun gagal dan membuat pasukannya mundur ke prancis.

      prancis yg gagal menarik pasukan sekutu di belgia mulai kebingungan, sementara pasukan sekutu yg mulai terdesak mundur ke arah pantai tepatnya kota dunkrik. disinilah pasukan prancis mati2an menahan jerman agar tidak masuk ke pantai meski kehilangan puluhan ribu pasukan tiap harinya, pasukan sekutu yg mulai putus asa terjebak di pantai selat inggris dan menunggu evakuasi dari inggris. ironis nya kapal sekutu yg mencoba menyelamatkan pasukan sekutu di bom oleh pesawat2 dan kapal selam jerman.


       PM inggris saat itu memerintahkan untuk semua kapal apapun yg ada didermaga dan bisa berlayar untuk menjemput 400ribu prajurit sekutu yg terjepit di pantai. misi ini diberi nama operation dynamo. meski dengan susah payah akhirnya 320ribu pasukan sekutu berhasil di evakuasi, pada proses ini bukan hanya nyawa yg hilang tapi puluhan kapal pengangkut berhasil di tenggelamkan oleh jerman dan ratusan pesawat inggris pun jg banyak yg jatuh untuk melindungi pasukan yg dievakuasi. begitu juga pasukan perancis yg menahan pasukan jerman di dunkirk tidak sempat di selamatkan dan menyerah pada pasukan jerman.


       sekutu melihat evakuasi ini adalah keajaiban, pencapaian yg besar dan keberhasilan yg luar biasa, sementara nyatanya mereka berhasil dievakuasi itu karna belas kasih dari hitler itu sendiri yg membiarkan mereka selamat. sang furher melihat kedepan dan berpikir jika dia melepaskan pasukan sekutu mungkin inggris mau berdamai sementara dengan jerman. dan jerman bisa menginvasi prancis lebih mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar