Kamis, 07 September 2017

Pertempuran Stalingrad dan Kehancuran Pasukan NAZI


batlle of stalingrad

pada tahun 1941 hitler gagal menduduki ibukota soviet saat itu yaitu moskow, hitler sangat murka pada pasukannya sampai memecat 35 jendral nya termasuk jendral briliant guderian yg dipukul mundur sejauh 200km, hitler memerintahkan wehrmacht(AD jerman) untuk bertahan membuat garis pertahanan konkrit baru dengan segala cara. jerman pun membangun pertahanan dan tetap berdiri kokoh di rusia.

saat itu hitler menunda untuk merebut atau menyerang moskow lagi karna ia melihat pasukan jerman kedepannya lebih memerlukan pasokan logistik, tetapi jendral2 nya meminta untuk kembali menyerang moskow, hitler benci jendral yg suka membantahnya. hitler bilang kalian tidak tau apa2 tentang ekonomi perang, yg pertama kita butuhkan adalah pasokan bahan makanan untuk pasukan di garis depan agar tidak seperti perang2 sblumnya. jadi targetnya adalah ukraine sebagai pusat pangan dan koukasus yg kaya ladang minyak dan tambang.



saat itu hitler punya rencana lain dibanding merebut moskow, karna ambisi dan kebenciannya yg begitu besar pada tentara merah, dia sampai membagi lagi wehrmacht memerintahkan pasukannya untuk bergerak menjepit dari 2 arah, pasukannya diperintahkan menyerang stalingrad kotanya stalin, dan pasukan yg lain menyerang ke daerah koukasus sampai ke timur tengah membentuk jepitan raksasa.

dalam kampanye nya ini hitler membutuhkan 10juta pasukan untuk mengakhiri perangnya, ia meminta bantuan pada sekutu2nya diantaranya italia, bulgaria, hungaria yg akan memberikan hitler jutaan pasukannya, mereka akan menderita dan kebanyakan tewas dirusia. serangan ini dikritik dan di protes oleh jendral2nya karna jika pasukan di pecah maka kekuatan hanya akan fokus pada menyerang, tapi hitler angkuh dan tetap menjalankan rencanannya.

hitler pun membagi pasukannya, jendral paulus dengan 6th army bergerak menuju stalingrad, sementara wehrmacht bersama jendral rommel dan afrika corps nya menuju koukasus, meski mereka tidak pernah bisa sampai kesana karna jarak yg sangat jauh dan perbekalan yg tak cukup untuk pasukannya. disisi lain jendral paulus yg menyerang stalingrad sampai dan menduduki pusat kota, memukul mundur barikade pertahanan soviet, menghancurkan kota kebanggan stalin ini dengan pesawat pembom jerman stuka, pertempuran berlanjut dari titik ke titik selama 4 minggu sampai ke ujung kota tepatnya sungai beasar volga yg masih ditahan beberapa pasukan pejuang soviet.

  pada 15 oktober 1942 jerman sampai pada tujuannya. jendral paulus mengirim informasi ke hitler bahwa swastika NAZI telah berkibar di stalingrad dan kota telah diduduki oleh pasukan 6th army. stalingrad adalah pencapaian terbesar hitler, dia begitu senang sampai mengundang semua simpatisannya dan berpesta. hitler berkata aku ingin mengambil kota itu, kotanya stalin, tidak ada kapal soviet lagi yg bisa melewati volga untuk merebut stalingrad. 

meski faktanya soviet terus menerus mengirimkan pasukannya ke volga untuk merebut kembali stalingard, bahkan mengirim orang2 biasa yg bukan tentara dan tanpa senjata. akhirnya jendral zhukof ikut turun tangan menyelamatkan stalingard, dia terus mengirimkan pasukan untuk memancing jerman tetap di dalam kota, zhukof secara rahasia mengumpulkan semua pasukan soviet dan siap melakukan jepitan pengepungan raksasa dimana sayap pertahanan jerman saat itu lemah dijaga oleh pasukan italia, romania dan hungaria. pasukan zhukof sangat siapp berperang dan berjumlah lebih dari1juta tentara.



zhukof menggempur pertahanan sayap jerman pada pagi hari dengan altelery dan rocket lalu menyerang dengan jumlah pasukan dan tank yg luar biasa, pasukan sayap jerman tidak kuasa menahan gempuran soviet, karna pasukan italia tidak punya senjata anti tank dan orang hungaria, romania juga, mereka  kalah jumlah. soviet yg berhasil mematahkan sayap pasukan jerman bertemu dari 2 sisi dan mengepung stalingard dengan tank2nya, membentuk lingkaran.

jendral paulus yg terperangkap di dalam staligrad meminta bantuan pada sang fuhrer, tapi hitler mengabaikannya dan malah menyuruhnya untuk tetap bertahan sampai pasukan bantuan datang. tapi pasukan bantuan tak juga datang, berbulan2 mereka bertahan menahan serangan dan gempuran soviet sampai mereka terdesak ke pusat kota. paulus dan pasukannya sebenarnya bisa menerobos barikade pertahanan soviet dan lari dari stalingard, tapi hitler tidak mengijinkannya dan memerintahkan untuk tetap mempertahankan stalingard apapun caranya.

akhirnya paulus dan pasukannya menyerah karna dia merasa ditinggalkan dan dikorbankan oleh hitler, pasokan pangan dan amunisi gagal dikirimkan luftwaffe (AU jerman) sampai ke mereka, sebelum menyerah paulus di tantang hitler untuk bunuh diri/ bertempur sampai orang terakhir dan akan dinaikan pangkatnya jadi marshal. sang jendral yg kecewa diliputi rasa bingungpun menyerah, karna lebih memilih bertahan hidup dan tidak ingin pasukannya tewas sia2 jendral paulus pun  menolak perintah hitler dan menyerah pada soviet. 

jendral paulus adalah pencapaian terbesar soviet saat itu, dia adalah otak dibalik serangan barbarossa (invasi ke soviet), para jendral dan petinggi soviet sangat taerkejut saat paulus menyerah. paulus berkata dia sebenarnya tidak setuju atas perintah2 kejam hitler selama di soviet, sang jendral bersedia pada soviet untuk di tawan dan bersaksi di persidangan atas kejahatan perang melawan atasan2 nya seperti kaitel dan goering.



mendengar paulus menyerah hitler langsung menuju markas wehrmacht dan menyuruh pasukannya untuk merahasiakan berita ini dari publik, hitler berkata jika pasukan paulus ditarik dari stalingard maka wehrmacht(AD jerman) yg lain akan kalah, 50.000 pasukan jerman yg menyerah bersama jendral paulus di bawa ke camp tawanan di siberia. kekalahan ini menjadi titik awal kekalahan hitler secara beruntun, dan menaikan semangat pasukan soviet saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar